Sabtu, 25 Februari 2012

Jembatan di Ohio Hancur dalam Enam Detik

Liputan6.com, Ohio: Jembatan ini sudah berdiri selama 83 tahun. Kondisinya yang sudah tidak efektif dan kian memburuk membuat The Fort Steuben Bridge dihancurkan hanya dalam hitungan enam detik. 

Jembatan gantung di atas Sungai Ohio, Amerika Serikat, itu pertama kali dibuka pada 1929 dan menghubungkan Kota Steubenville, Ohio dan Weirton, Virginia Barat. Awalnya, jembatan tol tersebut milik sebuah perusahaan swasta, tetapi pada 1950 hak kepemilikannya diambil alih negara. Kemudian jalan tersebut dijadikan jalan umum oleh pemerintah.

Seperti diwartakan laman Daily Mail, Kamis (23/2), jembatan gantung tersebut tak lagi digunakan pada 2009. Departemen Perhubungan Ohio menganggap jembatan tersebut tak dapat dilewati kendaraan jenis besar. Sehingga keberadaan Fort Steuben Bridge menjadi kurang efektif.

Lama-kelamaan kondisi sarana penghubung tersebut semakin memburuk, sehingga mereka memutuskan tak lagi menggunakan akses penghubung tersebut dan akan menghancurkannya.

Sekitar pukul  07.15 waktu setempat, bahan peledak seberat 69 kilogram yang dipasang di 136 lokasi di sepanjang jembatan itu akhirnya diledakkan. Ledakan berlangsung setiap 0,35 detik. Ledakan itu juga direkam oleh pejabat berwenang dan terlihat terjadi begitu cepat.

Gemuruh runtuhnya jembatan mulai terdengar usai semua bahan peledak diledakkan. Sekitar 200 penduduk lokal setempat berkumpul di tempat parkir sebuah gang tempat bowling tua, untuk menyaksikan cahaya ledakan di langit. Penduduk yang menontonnya ada yang terlihat senang dan terharu melihat jembatan yang menyimpan banyak kenangan bagi mereka dihancurkan.

Meski pemerintah telah menyediakan jembatan darat lainnya untuk mengaksess wilayah yang dihubungkan oleh Fort Steuben Bridge, seorang penduduk lokal, Herman Capito dari Weirton, mengatakan, ia berusia sembilan tahun ketika jembatan itu pertama kali dibuka. Dirinya pun senang menggunakannya untuk bepergian ketika bekerja di Steubenville.

Usai peledakan dan runtuhnya jembatan gantung tersebut, area di hamparan Sungai Ohio ditutup selama 24 jam. Sekelompok tim bekerja membersihkan puing-puing jembatan tua itu.(DailyMail/TNT/MEL)