Selasa, 28 Februari 2012

Rahasia Tahun Kabisat

Tahun unik, tahun kabisat ternyata enggak selalu berlaku untuk tahun yang habis dibagi empat. Sst, ini ada rahasia dibalik tahun kabisat! Penasaran?Yuk, lihat!
tahun kabisat

Kalau diteliti lagi dengan perhitungan yang tepat dalam satu tahun ternyata tidak benar-benar persis terdiri dari 365 hari, tetapi lebih tepatnya 365 hari, 5 jam, 48 menit dan 45,1814 detik.
 
 Nah, kalau perhitungan itu diabaikan, maka setiap empat tahun akan kekurangan hampir satu hari.
Agar kekurangan itu bisa tertutupi setiap empat tahun sekali (tahun yang bisa dibagi empat), diberi satu hari ekstra; 29 Februari. 

Tetapi karena 5 jam, 48 menit dan 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 dan empat (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000).

Untuk lebih tahu secara pasti tahun apa yang bisa disebut tahun kabisat, maka dibuatlah rumus yang disebut algoritma. Algoritma akan mempermudah kita dalam menentukan tahun kabisat. 

Ini dia rumusnya;
Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.

Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.

Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.

Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.

Nah, rahasia itu akhirnya terungkap juga, tahun kabisat tak selalu harus dibagi empat. Yuk, berbagi rahasia ini di tahun kabisat! (Annisa/Kidnesia/berbagaisumber)

http://www.kidnesia.com/Kidnesia/Sekitar-Kita/Pengetahuan-Umum/Rahasia-Tahun-Kabisat