Kamis, 01 Maret 2012

Penting untuk Vegetarian! Menu Makan Harus Cukup Protein

TRIBUNNEWS.COM - Menjadi vegetarian adalah gaya hidup. Banyak yang beralasan bahwa menjadi vegetarian demi karena kesehatan. Bagaimana seharusnya pola makan seorang vegetarian?

Menjadi seorang vegetarian perlu perencanaan yang tepat, agar apa yang dilakukan bisa bermanfaat bagi kesehatan. Menu makanan kaum vegetarian pun harus diatur dengan tepat agar dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan semua zat gizi, terutama kandungan protein.

Adapun asupan gizi yang diperoleh dari bahan pangan nabati seperti kacang-kacangan, antara lain kedelai dan bisa diolah menjadi tahu atau tempe.Tahu dan tempe misalnya bisa diolah menjadi perkedel tempe, steak tempe atau sup tahu.

Dokter Umum RSUAM, Yeni Eka Jayani mengatakan, menjadi vegetarian ada sisi positif dan negatifnya. Di satu sisi manfaat yang bisa diperoleh diet vegetarian, yakni mencegah berbagai jenis penyakit degeneratif.
Seperti kolesterol tinggi, jantung koroner, asam urat, hipertensi, diabetes, asam urat dan kanker. Sejumlah penyakit ini, biasanya dipicu oleh pola makan, lemak hewani yang tinggi, protein, garam, gula tinggi, namun rendah serat.

Namun, di sisi lain kekurangan dari diet vegetarian, adalah minimnya asupan produk hewani yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya, kekurangan asam lemak, omega 3, vitamin B12, kalsium dan beberapa jenis mineral.

Adapun efek negatifnya, akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan seseorang. Oleh sebab itu, pola diet vegetarian tidak dianjurkan bagi anak - anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.